jump to navigation

2010, Pemerintah Berencana Meluncurkan KTP Elektronik (E-KTP) December 30, 2009

Posted by Arie in 1.
trackback

Memanfaatkan teknologi yang makin canggih, pemerintah berencana memberlakukan kartu tanda penduduk elektronik atau E-KTP.

Berbeda dengan KTP yang berlaku saat ini, di dalam KTP elektronik terdapat sebuah cip yang memuat biometrik atau sidik jari dari tiap orang yang memilikinya. Keberadaan KTP elektronik tersebut nantinya diharapkan dapat mempermudah proses-proses pendataan kependudukan yang dilakukan untuk menunjang program-program pemerintah seperti pilkada atau pemilu.

KTP elektronik akan mulai diimplementasikan tahun 2010. Namun, hal ini diperkirakan baru akan selesai (menjangkau semua wilayah Indonesia) pada tahun 2012. Untuk menangani proyek E-KTP ini, pemerintah memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada Departemen Dalam Negeri serta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), yang dibantu oleh beberapa instansi pemerintah lainnya.

Namun, sebelum merealisasikan program E-KTP tersebut, pemerintah terlebih dahulu mengimplementasikan program nomor induk kependudukan (NIK). Program ini mewajibkan kepemilikan NIK bagi seluruh masyarakat Indonesia.

NIK ini nantinya akan mempunyai banyak fungsi, salah satunya dapat digunakan masyarakat untuk melakukan electronic-voting yang rencananya akan diselenggarakan pada Pilkada dan Pemilu 2014.

Menurut Kepala BPPT Marzan A Iskandar, Selasa (29/12/2009), program NIK ini sudah mulai dijalankan oleh pemerintah. Sebagai tahap awal, saat ini program NIK sedang diujicobakan di beberapa daerah di Indonesia.

“Program ini adalah proyek Depdagri, dan BPPT diminta membantu dari sisi kesiapan teknologi. Sebelum program E-KTP jalan, program NIK dulu yang diimplementasikan. Saat ini sedang diujicobakan di beberapa daerah, yaitu Padang, Denpasar, Makassar, dan Yogyakarta. Diperkirakan baru akan serius berjalan pada 2010, dan selesai 2011,” papar Marzan di hadapan para wartawan saat konferensi pers di Kantor BPPT, Selasa ini.

Sumber : KOMPAS.com

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: