jump to navigation

Ragam Permasalahan June 15, 2012

Posted by Arie in Uncategorized.
trackback

Kehidupan sehari-hari tentu tidak pernah lepas dari berbagai macam permasalahan. Setiap kita memiliki cara yang berbeda dalam menghadapi dan menangani permasalahan tersebut. Sebagian orang lebih mengedepankan logikanya, sementara yang lain lebih mengedepankan emosionalnya, dan yang lain terlihat sangat lemah serta tidak berdaya dalam menghadapi permasalahan-permasalahan tersebut.

Pada dasarny, permasalahan adalah perasaan akan adanya kesukaran yang harus dilalui atau rintangan yang harus dilewati untuk bisa mewujudkan keinginan dan tujuan tertentu.

Permasalahan dibagi menjadi dua macam:

1. Permasalahan yang Bersifat Tertutup

Yaitu permasalahan yang jawaban atau pernyelesaiannya bersifat definitif dan diketahui secara pasti. Misalnya kerusakan yang terjadi pada peralatan tertentu atau penyakit yang sedang menimpa seseorang. Pada kondisi seperti ini, rumusan permasalahan dan solusi dapat diberikan secara utuh sesuai dengan informasi yang mendukung.

2. Permasalahan yang Bersifat Terbuka

Yaitu permasalahan yang jawaban dan penyelesaiannya besifat indefinitif dan tidak diketahui secara pasti. Tidak banyak informasi yang tersedia baginya. Sebagian besar permasalahan dalam kehidupan sehari-hari merupakan permasalahan jenis ini. Permasalahan ini menuntut kita membuat sebuah strategi sebelum memulai proses penyelesaian, lalu menentukan arah, tujuan, serta metode yang tepat. Kemudian menentukan cara penyelesaian yang ideal, yang mampu mewujudkan semua tujuan dan cita-cita yang diinginkan.

Dalam menghadapi berbagai macam persoalan (serta upaya merumuskan penyelesaiannya) dituntut kemampuan berpikir jernih serta rasa percaya diri yang tinggi, sehingga seorang muslim memiliki kelebihan tersendiri dalam hal yang satu ini. Keimanan yang melekat pada dirinya akan melahirkan kekuatan besar yang menopang sisi psikologis dan kekuatan berpikir (daya nalar) yang mestinya akan membuat dirinya sangat piawai dalam menghadapi kondisi-kondisi yang paling sulit sekalipun.

Sumber Data:

Amru Hasan Ahmad Badran, Cara Mengatasi Masalah Dengan Orang Lain, Cendekia, Jakarta, 2006.

http://arispermana.wordpress.com/2012/05/22/ragam-permasalahan/

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: